Selasa, 13 November 2012

UMS LIBRARY : MENUJU PERPUSTAKAAN YANG ‘USER FRIENDLY’

Peran perpustakaan sebagai salah satu unit pendukung kegiatan ilmiah mahasiswa dalam sebuah lingkungan pendidikan sangatlah besar. Sudah sewajarnya bahkan bisa dibilang sebagai suatu ‘keharusan’ jika perpustakaan melakukan berbagai upaya pembenahan dalam berbagai sisi. Perpustakaan harus mampu berubah sehingga bisa berperan sebagai ‘partner’ handal mahasiswa dalam melakukan aktifitas ilmiah.Perubahan yang dilakukan dalam hal layanan, bukan hanya dari kuantitas saja, tetapi juga dari segi kualitasnya. Kuantitas, berarti perpustakaan mampu menyediakan berbagai jenis layanan dengan jumlah yang cukup beragam. Sedangkan kualitas, berarti perpustakaan senantiasa melakukan perubahan untuk bisa memberikan layanan yang benar-benar sesuai dengan kebutuhan dan keinginan mahasiswa. 
Melalui pendekatan perpustakaan yang baru (paradigma baru), Perpustakaan UMS senantiasa melakukan perubahan dalam rangka peningkatan kualitas layanan. Melakukan berbagai kegiatan yang lebih banyak melibatkan peran mahasiswa, diharapkan mampu menciptakan layanan yang benar-benar berorientasikan kepada pemustaka (mahasiswa). Berani keluar dari ‘pakem lama’, akan membuat perpustakaan menjadi pilihan utama mahasiswa sebagai tempat untuk berkegiatan ilmiah diluar kegiatan perkuliahan. 
Kualitas layanan yang disediakan perpustakaan UMS, akan semakin lengkap saat dipadukan dengan beberapa perubahan yang terkait dengan sarana fisik seperti gedung dan furniture (meja kursi baca dan rak buku) yang menarik (tidak kuno). Suasana menyenangkan yang dirasakan mahasiswa saat berada di perpustakaan adalah hal yang sedang diupayakan/dilakukan oleh Perpustakaan UMS. Go green, warna-warna cerah dinding setiap ruangan yang ada di berbagai lantai, furniture dengan tampilan yang menarik, adalah agenda berikut yang akan dilakukan. 
Kualitas layanan perpustakaan UMS semakin nyata dirasakan pemustaka (mahasiswa) saat kebijakan/peraturan terkait pemanfaatan beberapa fasilitas, koleksi, dan layanan juga berubah, disesuaikan dengan kebutuhan dan keinginan pemustaka. Beberapa kebijakan/peraturan baru tersebut diantaranya adalah bertambahnya jumlah buku yang bisa dipinjam, peminjaman saat hari libur (Holiday Loan), penambahan jam buka layanan, Pelatihan Layanan Prima bagi petugas perpustakaan, dan penerbitan tabloid Info Perpustakaan sebagai media tempat informasi terbaru (up date information) bagi perpustakaan. 
Perubahan yang berujung kemudahan sudah seharusnya selalu dilakukan oleh perpustakaan UMS. Karena salah satu ciri perpustakaan ideal adalah mampu menawarkan kemudahan yang pada akhirnya mampu memanjakan pemustaka. Mudah, cepat, tepat, menarik, ramah, dan puas adalah beberapa hal yang perlu diramu secara pas, hingga menjadi pas bagi pemustaka dan pas bagi perpustakaan. (Kenretno-Pustakawan UMS)

2 komentar: